Selasa, 15 Februari 2022

Bab 2 Starter Marugoto Plus A1

Bab 2 Starter Marugoto Plus A1


Ima, jugyouchuu desu. This is during a lesson.

A) Kawasaki : ...

B) Dan : Sumimasen, mou sukoshi yukkuri itte kudasai. Excuse me. Please say that more slowly. Maaf, tolong bicara sedikit lebih lambat. Duìbùqi. Qing shuo dé màn yīdiănr.

A) Kawasaki : Hai, shi-di- o kiite kudasai. Oh, okay. Please listen to the CD.Oh, baiklah. Silakan dengarkan CDnya. Ó hăo de. Qing tīng CD.


Challenge Let's try !

Kurasu de wa Nihongo o hanashimashou. Let's speak Japaneses in class.

Minasan, ohayou gozaimasu. Good morning, everyone. Selamat pagi semuanya. Dàjiā zăn ān.

Ii desu ka. Kiite kudasai. Ready ? Please listen. Siap? Tolong dengarkan. Zhunbèi hăo? Qing tīng.

Koko ni namae to kuni o kaite kudasai. Please write your name and country here. Silakan tulis nama dan negara kalian di sini. Qing zài ci xiě xià nimen de xingmíng hé guójiā/ dìqū.

.....

Mou sukoshi yukkuri itte moraimashou. Let's ask her to say it more slowly.

You : ... Sumimasen, mou sukoshi yukkuri itte kudasai. Excuse me, could you say that more slowly, please ? Permisi, bisakah Anda mengucapkannya lebih lambat? Dărăo yīxià, ni néng shuo dé màn yīdiăn ma?


Hai, wakarimashita. Yes, okay. Ya, baiklah. Shì de, hăo de. 

Yon pe-ji o akete kudasai. Please open your books to page four. Silakan buka buku kalian pada halaman 4. Qing dăkăi nimen de shū dào dì sì yè.



Jugyou ga owarimashita. The lesson has just finished.

Antonsan wa sensei ni tsutaetai koto ga arimasu. Anton has something to tell to the teacher.

A) Anton : Sensei. Ms Kawasaki. Guru. Chuānqí nüshì.

-----

A) Anton : Yasumimasu. Sumimasen. I'll be absent on this day. Please excuse me. Saya akan absen pada hari ini. Maaf. Zhè yītiān wo jiāng quēxí. Qing yuánliàng wo.

B) Kawasaki : Wakarimashita. Okay, got it. Oke, saya mengerti. Hăo de. Wo dédàole tā.

A) Anton : Sayonara. Goodbye. Sampai jumpa. Zàijiàn.



Name card

Kuni  country  negara  guójiā         : Roshia/ Kankoku

Namae  name   nama   xìngmíng   : Nataria/ Paku


Challenge Let's try !

Namae ya kuni o Nihongo de kakimashou. Write your name and country in Japanese. Tulis nama dan negara Anda dalam bahasa Jepang. Yòng rìyu xiě xià nín de xìngmíng hé guójiā.

Ii desu ka. Kiite kudasai. Ready ? Please listen. Siap? Dengarkan. Zhunbèi hăo? Qing tīng.

Koko ni namae to kuni o kaite kudasai. Please write your name  and country here. Silakan tulis nama dan negara Anda di sini. Qing zài ci xiě nín de xìngmíng hé guójiā/ dìqū.


Grammar Appendix

Sentence-final particle

Basic sentence


すごいですね。おいしいですよ。

Sugoi desu ne. Oishii desu yo.

That's great, isn't it? This is delicious, you know.


Structure

S か ka

S よ yo

S ね ne


Examples

1

A: のださんは なにごが できますか。

A: Noda-san wa nani-go ga dekimasu ka.

A: Mr. Noda, what languages can you speak?


B: わたしは えいごと アラビアごが できます。

B: Watashi wa Eego to Arabiago ga dekimasu.

B: I can speak English and Arabic.


A: そうですか。すごいですね。

A: Soo desu ka. Sugoi desu ne.

A: Really? That's amazing.



2

A: いっしょに えいがに いきませんか。

A: Issho ni eega ni ikimasen ka.

A: Would you like to go and see a movie with me?


B: いいですね。いきましょう。

B: Ii desu ne. Ikimashoo.

B: Sounds good! Let's go.


3

A: かわいい アクセサリーですね。

A: Kawaii akusesarii desu ne.

A: Those are some cute accessories, aren't they?


B: ありがとう。ははに もらいました。

B: Arigatoo. Haha ni moraimashita.

B: Thank you. I got them from my mother.


4

A: あのラーメンやさんは どうですか。

A: Ano raamen'ya-san wa doo desu ka.

A: How about that ramen shop?


B: おいしいですよ。

B: Oishii desu yo.

B: It's delicious, you know.



Commentary

A

「か」is used for questions (1, 3) or when making invitations (2).

B

「ね」shows empathy. It may be used when asking for agreement (3), when showing one's agreement with someone (2) or when displaying emotion (1).「よ」is used when giving one's opinion to someone (4).



Penjelasan tambahan dari Oma:

Selain partikel di atas ada partikel kakujoshi (格助詞) yaitu partikel が(ga), を (o), に (ni), で (de),  と (to), へ (e), から (kara), より (yori), dan まで ( made) yang berfungsi sebagsi penanda subjek, objek, arah, tempat, waktu, dsb. Sementara subjek, objek, waktu, tempat tsb bisa saja dijadikan topik kalimat. Untuk menunjukkan topik kalimat dipakai partikel wa.


Contoh

日本の文化が好きです。

Nihon no bunka ga suki desu.

Saya suka budaya Jepang.


日本は文化が好きです。

Nihon wa, bunka ga suki desu.

Jepang, saya suka budayanya.



Partikel wa juga bisa dipakai untuk menunjukkan perbandingan, misalnya:

日本語の漢字は大変ですが、文法は簡単です。

Nihongo no kanji wa taihen desu ga, bunpou wa kantan desu.

Kanji Jepang sulit, tapi tata bahasanya mudah.


昨日は雨でしたが、今日は晴れです。

Kinou wa ame deshita ga, kyou wa hare desu.

Kemarin hujan, tapi hari ini cerah.


私は 、野菜は好きですが、肉は嫌いです。

Watashi wa yasai wa suki desu ga, niku wa kirai desu.

Saya suka sayur, tapi tidak suka daging.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar