Unit 1 level 3
1. Match the words to make phrases.
Cocokkan kata2 untuk membuat kelompok kata.
Example: start the machine
Contoh : mulai (hidupkan/ nyalakan) mesin
1. pull the handle
tarik pegangannya
2. push the button
tekan tombolnya
3. press the switch
tekan tombolnya
4. turn the dial
putar tombolnya
2. Complete the sentences. Use the words in the box (dial, breakfast, quickly, make, put, handle, smell, push, press)
Lengkapilah kalimat2. Gunakan kata2 dalam kotak.
Example: Let's (make) some toast!
Contoh : Marilah kita (membuat) roti bakar!
1. First, (press) the switch to turn it on.
Pertama2, (tekanlah) tombol untuk menyalakannya.
2. Then, (put) the bread in the toaster.
Kemudian, (letakkanlah) roti di dalam pemanggang roti.
3. Turn the (dial) to two minutes.
Putarlah (tombol) ke 2 menit.
4. Pull the (handle) slowly to start.
Tariklah (pegangannya) secara pelan2 untuk memulai (menyalakan).
5. Oh no -- what's that (smell)?
Oh tidak -- (bau) apa itu?
6. (Push) the button to stop!
(Tekanlah) tombol untuk menghentikan!
7. Ah -- this toast tastes (delicious)!
Ah -- roti bakar ini rasanya (lezat)!
8. I'm going to eat it (quickly).
Saya akan memakannya (dengan cepat).
3. Match the punctuation marks to the names.
Cocokkanlah tanda2 baca dengan nama2nya.
Example: ! exclamation mark
Contoh : ! tanda seru
1. , comma
, koma
2. ? question mark
? tanda tanya
3. . full stop
. tanda titik
4. '...' speech marks
'...' tanda petik
4. Write the sentences with punctuation marks.
Tulislah kalimat2 dengan tanda2 baca.
Example: Don't press that button shouted the professor.
'Don't press that button!' shouted the professor.
Contoh : Jangan menekan tombol itu teriak profesor.
'Jangan menekan tombol itu!' teriak profesor.
1. 'Can you help me?' said the professor.
'Bisakah kamu membantu saya?' kata profesor.
2.'I've got a present for you,' said Billy.
'Saya punya hadiah untukmu,' kata Billy.
3. 'It is time for dinner,' said the professor.
'Waktunya makan malam,' kata profesor.
4. 'This machine is fantastic!' said Billy.
'Mesin ini fantastis!' kata Billy.
Unit 2 level 3
1. Find twelve more past tenses. Write the words.
Temukan 12 lagi bentuk past. Tulislah kata2 tersebut.
Example : get (got)
Contoh: mengambil
1. tell (told)
menceritakan
2. go (went)
pergi
3. see (saw)
melihat
4. meet (met)
bertemu
5. have (had)
mempunyai
6. fly (flew)
terbang
7. come (came )
datang
8. run (ran)
berlari
9. hear (heard)
mendengar
10. think (thought)
berpikir
11. begin (began)
mulai
12. bring (brought)
membawa
2. Complete the sentences about yesterday. Use the words in the box (met, went, began, told, had, came, got).
Lengkapi kalimat2 tentang kemarin. Gunakan kata2 di dalam kotak.
Example : I (got) up. 1
Contoh : Saya bangun. nomor urutan 1
1. I (went) to school. 3
Saya pergi ke sekolah.
2. I (had) breakfast. 2
Saya sarapan.
3. I (came) home. 6
Saya pulang.
4. I (told) my mum about my day. 7
Saya menceritakan pada ibu tentang hari saya.
5. I (met) my friends. 4
Saya bertemu teman2.
6. I (began) classes. 5
Saya mulai pelajaran.
3. Imagine you went to a Chinese New Year celebration yesterday.
Bayangkan kamu pergi ke perayaan Tahun Baru Cina kemarin.
Example: We went to see a Chinese New Year celebration.
Contoh : Kami pergi melihat perayaan Tahun Baru Cina.
Write four sentences about it.
Tulislah 4 kalimat tentangnya.
Use one past tense verb from Activity 1 in each sentence.
Gunakan satu kata kerja bentuk lampau (past) dari Kegiatan 1 dalam setiap kalimat.
Example sentences:
Contoh2 kalimat:
1. We saw a dragon.
Kami melihat seekor naga.
2. The dragon ran along the street.
Naga berlari di sepanjang jalan.
3. My family came with me.
Keluarga saya datang bersama saya.
4. I heard Chinese music.
Saya mendengar musik Cina.
4. Look at the letters. Write the words.
Lihatlah huruf2. Tulislah kata2.
Example : put
Contoh : meletakkan
1. bush
semak2
2. pull
menarik
3. push
mendorong
4. bull
banteng
5. Complete the sentences. Use the words from Activity 4.
Lengkapilah kalimat2. Gunakan kata2 dari Kegiatan 4.
Example: Please (put) the book on the table.
Contoh : Letakkanlah buku di atas meja.
1. It's very simple -- you (pull) the handle to start the machine, and (push) the button to stop.
Sangat mudah -- kamu (tarik) pegangan untuk menyalakan mesin, dan (tekan) tombolnya untuk menghentikan.
2. Look! Is that a (bull )? Where? Behind that (bush)!
Lihat! Apakah itu (banteng)? Di mana? Di balik (semak2)!
Unit 3 level 6
1. Write the words with ing and ed suffixes
Tulislah kata2 dengan akhiran ing dan ed
Example: marry marrying, married
Contoh : menikah
studying, studied
belajar
carrying, carried
membawa
replying, replied
menjawab
copying, copied
menyalin
worrying, worried
cemas
crying, cried
menangis
supplying, supplied
menyediakan
burying, buried
mengubur
identifying, identified
mengenali
multiplying, multiplied
melipatgandakan
2. Write sentences with the words with ing and ed suffixes.
Tulislah kalimat2 dengan kata2 dengan akhiran ing dan ed.
Example: My brother is married to someone from Dubai.
Contoh : Saudara laki2 say menikah dengan seseorang dari Dubai.
3. Explain how a plane flies. Use the words to make sentences.
Jelaskan bagaimana pesawat terbang. Gunakan kata2 untuk membuat kalimat2.
Example: is curved wing The bottom. at the top flat at the and
Contoh : The wing is curved at the top and flat at the bottom.
Sayap melengkung di bagian atas dan rata di bagian bawah.
The plane flies forwards through the air.
Pesawat terbang di angkasa.
The air is pushed over/ under and under/ over the wing.
Udara didorong melalui sayap.
The air travels faster over the top of the wing.
Udara bergerak cepat melewati bagian atas sayap.
The air pressure is lower under the wing.
Tekanan udara lebih rendah di bawah sayap.
This creates lift which pushes the plane up.
Ini menimbulkan tekanan yang mendorong pesawat ke atas.
4. Complete the sentences with the verbs in brackets.
Lengkapilah kalimat2 dengan kata2 kerja di dalam tanda2 kurung.
Example: If the weather (is) wet tomorrow, we (will go) to the sports centre. (be, go)
1. If it (is) sunny, we (will go) to the beach. (be, go)
Jika cerah, kami akan pergi ke pantai.
2. If we (go) to the beach, I (will take) my flippers and snorkel. (go, take)
Jika kita pergi ke pantai, saya akan membawa sirip dan snorkel saya.
3. If I (pass) my exams, my mum (will buy) a new computer game. (pass, buy)
Jika saya lulus ujian, ibu saya akan membeli sebuah permainan komputer yang baru.
4. We (will go) to England for our holidays, if my dad (gets) a new job. (go, get)
Kami akan pergi ke negara Inggris pada hari libur, jika ayah saya mendapat pekerjaan baru.
5. If you (come) to my house tomorrow, we (will watch) my new DVD. (come, watch)
Jika kamu datang ke rumah saya besok, kita akan menonton DVD saya yang baru.
Unit 4 level 3
1. Look and write the animal names. Use the words in the box (snow leopard, zebra, horse, yak, gazelle, camel, lion)
Lihat dan tulislah nama2 binatang. Gunakan kata2 dalam kotak.
Example: yak
Contoh : yak
1. horse kuda
2. zebra zebra
3. snow leopard macan tutul salju
4. lion singa
5. gazelle gazelle
6. camel unta
2. Complete the sentences with animals from Activity 1.
Lengkapilah kalimat2 dengan binatang2 dari Kegiatan 1.
Example: A horse is faster than a (yak).
Contoh : Seekor kuda lebih cepat daripada seekor yak.
Example answers :
Contoh2 jawaban:
1. A snow leopard is slower than a (gazelle).
Seekor macan tutul salju lebih lambat daripada seekor gazelle.
2. A horse is bigger than a (snow leopard).
Seekor kuda lebih besar daripada seekor macan tutul salju.
3. A zebra is as big as a (horse).
Seekor zebra sama besar dengan seekor kuda.
4. A lion is stronger than a (gazelle).
Seekor singa lebih kuat daripada seekor gazelle.
5. A gazelle is smaller than a (camel).
Seekor gazelle lebih kecil daripada seekor unta.
3. Complete the table. Write four animals in each column.
Lenkapilah tabel. Tulislah 4 binatang di setiap kolom
small kecil big besar fast cepat
hen ayam betina horse kuda tiger macan
duck bebek cow sapi wolf serigala
monkey monyet elephant gajah lion singa
dog anjing giraffe jerapah shark ikan hiu
4. Circle the correct word.
Lingkarilah jawaban yang benar.
Example: Be careful with that (knife)/ knives.
Contoh : Hati-hati dengan pisau itu.
1. Be careful! There are wolf/ (wolves) in that forest.
Hati2! Ada serigala2 di hutan.
2. I have a (shelf)/ shelves for my books in my bedroom.
Saya punya sebuah rak untuk buku2 saya di kamar tidur saya.
3. After the storm there were a lot of leaf/ (leaves) in the garden.
Setelah badai ada banyak daun2 di kebun.
4. A football game has two half/ (halves) of forty- five minutes.
Sebuah pertandingan sepak bola memiliki 2 putaran 45 menit.
5. Write the sentences again. Make them plural.
Tuliskan kalimat2 lagi. Buatlah mereka jadi jamak.
Example: Put the book on the shelf.
Contoh : Letakkan buku di rak.
Put the books on the shelves.
Letakkan buku2 di rak2.
1. We used the knife to cut the apple.
Kita menggunakan pisau untuk memotong apel.
We used the knives to cut the apples.
Kita menggunakan pisau2 untuk memotong apel2.
2. The leaf fell from the tree.
Daun jatuh dari pohon.
The leaves fell from the trees.
Daun2 jatuh dari pohon2.
3. Put the loaf in the basket.
Letakkan bantalan di dalam keranjang.
Put the loaves in the baskets.
Letakkan bantalan2 di dalam keranjang2.
4. A wolf lives in the forest.
Seekor serigala tinggal di hutan.
Wolves live in the forests.
Serigala2 tinggal di hutan2.
Unit 3 level 3
1. Join the letters. Write the words.
Gabungkanlah huruf2. Tulislah kata2.
Example: feather
Contoh: bulu
1. bread roti
2. head kepala
3. sweater baju hangat
4. thread benang
2. Is the ea sound the same or different? Write [V] or [X].
Apakah bunyi ea sama atau berbeda? Tulislah [V]atau [X].
Example : bread/ beach [X]
Contoh : roti/ pantai [X]
1. weather/ ready [V]
cuaca/ siap
2. peach/ teacher [V]
buah persik/ guru
3. head/ ear [X]
kepal/ telinga
4. bean/ bread [X]
kacang/ roti
5. sweater/ weather [V]
baju hangat/ cuaca
6. thread/ leaves [X]
benang/ daun2
3. Look and read. Write Yes or No.
Lihat dan baca. Tulislah Yes (Ya) atau No (Tidak).
This dinosaur was huge! It walked very slowly, and it had a long neck. It did not eat animals, it ate plants. It was not very clever, and it did not fight.
Dinosaurus ini besar! Dia berjalan sangat lambat, dan dia punya sebuah leher yang panjang. Dia tidak makan binatang2, dia makan tanaman. Dia tidak begitu pintar, dan dia tidak berkelahi.
Example: This dinosaur was very big. (Yes)
Contoh : Dinosaurus ini sangat besar.
1. It didn't walk very fast. (Yes)
Dia tidak berjalan sangat cepat.
2. It had long legs. (No)
Dia punya kaki2 yang psnjang.
3. It ate plants and leaves. (Yes)
Dia makan tanaman2 dan daun2.
4. It was very clever. (No)
Dia sangat pintar.
4. Complete the information about this dinosaur. Use the words in the box (ran, was, heard, ate, had, clever, did not).
Lengkapilah informasi tentang dinosaurus ini. Gunakanlah kata2 di dalam kotak.
Example: This dinosaur (was) very small.
Contoh: Dinosaurus ini sangat kecil.
1. It (had) two long legs, and it (ran) very fast.
Dia punya 2 kaki panjang, dan dia berlari sangat cepat.
2. It (ate) small animals and eggs.
Dia makan binatang2 kecil dan telur2.
3. It (did not) fight very well and it was not (clever).
Dia tidak pandai berkelahi dan dia tidak pintar.
4. When it (heard) other dinosaur, it ran away!
Ketika dia mendengar dinosaurus lain, dia lari.
5. Now write sentences about the Tyrannosaurus Rex.
Sekarang tulislah kalimat2 tentang Tyrannosaurus Rex.
Use the past tense.
Gunakanlah bentuk lampau.
Example: It was huge.
Contoh : Dia besar.
Example sentences:
Contoh2 kalimat :
1. It ate all other animals and dinosaurs.
Dia makan semua binatang dan dinosaurus lain.
2. It had strong legs and ran very fast.
Dia punya kaki2 yang kuat dan berlari sangat cepat.
3. It ate meat.
Dia makan daging.
4. It was the king of the dinosaurs.
Dia raja dinosaurus.
Unit 5 level 3
1. Circle the correct word.
Lingkarilah kata yang benar.
Example : The Nile is the (longest)/ shortest/ youngest river in Africa.
Contoh : Sungai Nil adalah sungai yang terpanjang di Afrika.
1. The Pyramid of Djoser is the (oldest) pyramid in Egypt.
Piramid Djoser adalah piramid tertua di Mesir.
2. Tutankhamen was the (youngest) pharaoh of Egypt.
Tutankhamen adalah firaun termuda di Mesir.
3. A cheetah is the (fastest) animal on land.
Seekor cheetah adalah binatang darat tercepat.
4. Kilimanjaro is the tallest mountain in Africa.
Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di Afrika.
2. Complete the sentences. Use the correct form of the words in the box (strong, old, fast, cold, tall, young).
Lengkapilah kalimat2. Gunakan bentuk yang benar dari kata2 di dalam kotak.
Example: My grandfather is the (oldest) person in my family.
Contoh : Kakek saya adalah orang tertua dalam keluarga saya.
1. My baby brother is the (youngest) person in my family.
Adik laki2 saya yang masih bayi adalah orang yang paling muda dalam keluarga saya.
2. Basem is one hundred sixty metres tall -- he's the (tallest) person in our class.
Basem tingginya 1, 60 meter -- dia orang yang paling tinggi di kelas kami.
3. Dahlia is fantastic at running -- she's the (fastest) runner in the school.
Dahlia fantastis dalam berlari -- dia pelari tercepat di sekolah.
4. The Tyrannosaurus Rex was one of the (strongest) dynosaurs.
Tyrannosaurus Rex adalah salah satu dinosaurus terkuat.
5. The Arctic is the (coldest) place in the world.
Arktik adalah tempat yang paling dingin di dunia.
3. Answer the questions. Write complete sentences.
Jawablah pertanyaan2. Tulislah kalimat2 yang lengkap.
Who in your family is the ...
Siapa dalam keluargamu ...
Example : fastest runner ?
Contoh : pelari tercepat ?
My brother is the fastest runner in my family.
Saudara laki2 saya pelari tercepat dalam keluarga saya.
1. ... tallest ?
... tertinggi ?
2. ... shortest ?
... terpendek ?
3. ... youngest ?
... termuda ?
4. ... noisiest ?
... paling berisik ?
4. Join the letters to make words. Write the words.
Gabungkanlah huruf2 untuk membuat kata2. Tulislah kata2 tersebut.
Example: spoil memanjakan
1. voice suara manusia
2. join bergabung/ menggabungkan
3. boil merebus
4. coin koin
5. noise suara
6. soil tanah
5. Complete the words. Use oi or oy.
Lengkapi kata2. Gunakan oi atau oy.
Example : Cook the falafel in the (oil).
Contoh : Masaklah falafel dalam (minyak).
1. Listen to him sing! What a beautiful (voice)!
Dengarkan dia menyanyi! Suara yang begitu indah!
2. In this class, are there more girls or (boys) ?
Dalam kelas ini, ada lebih banyak anak laki2 atau perempuan ?
3. OK, children. Time to start the lesson. Please stop making so much (noise).
Ok, anak2. Waktunya untuk mulai belajar. Berhentilah membuat kegaduhan.
4. Come and (join) our sports club -- it's great!
Datang dan bergabunglah dengan klub olah raga kami -- luar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar